PENYELENGGARAAN POSYANDU KELAS IBU HAMIL DI DESA SUKMAJAYA

  • Oct 25, 2023
  • Admin Sukmajaya-Tajurhalang

              Kelas Ibu Hamil ini merupakan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka dalam kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, perawatan bayi baru lahir, mitos, penyakit menular, dan akte kelahiran.

                Kelas Ibu Hamil adalah kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 20 minnggu sampai dengan 32 minggu dengan jumlah peserta maksimal 10 orang. Di kelas ini ibu-ibu hamil akan belajar bersama, diskusi, dan tukar pengalaman tentang kesehatan ibu dan anak secara menyeluruh dan sistematis serta dapat dilaksanakan secara terjadwal dan berkesinambungan. Kelas Ibu Hamil difasilitasi oleh Bidan/Tenga Kesehatan degnan menggunakan paket Kelas Ibu Hamil yaitu Buku KIA, Flipchart (lembar balik), Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil, Pegangan Fasilitator Kelas Ibu Hamil, dan Buku Senam Ibu Hamil.

              Kegiatan kelas ibu hamil ini di selenggarakn pada hari selasa tanggal 24 Oktober 2023 di Aula kantor desa Sukmajaya. Materi pada kelas ibu untuk hamil akan disampaikan oleh bidan atau tenaga kesehatan. Namun, Anda juga bisa bertukar ilmu atau sharing dengan ibu hamil lain dan beberapa kader posyandu yang menjadi peserta kelas tersebut sehingga kegiatan ini sekaligus dapat dijadikan sebagai ajang sosialisasi bagi ibu hamil.Kemudian, di akhir pertemuan akan dilakukan Senam ibu hamil merupakan kegiatan ekstra yang dilakukan narasumber untuk mengajari para ibu agar dapat mempraktikkannya secara mandiri di rumah.

Manfaat kelas untuk ibu hamil

  • Mendapatkan konsultasi lebih awal dan langsung dari ahlinya
  • Dapat mempelajari kehamilan lebih dini
  • Mendapatkan informasi lengkap seputar kehamilan, keamanan saat hamil, hingga proses menuju persalinan
  • Ruang untuk bersosialisasi dan berbagai pengalaman dengan sesama ibu hamil
  • Mendapatkan standar nutrisi kehamilan 
  • Tempat belajar senam hamil 

Pada setiap pertemuan, materi kelas ibu hamil yang akan disampaikan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi ibu hamil tetapi tetap mengutamakan materi pokok.elakukan analisa kebutuhan sebelum melaksanakan kelas ibu hamil bertujuan untuk mengetahui kebutuhan apa yang diperlukan untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan kegiatan kelas ibu hamil.